Ziarah dan Napak Tilas

.

Setelah melihat  “SEJARAH SAKING SELO”, bahwa R. Prawiranata itu berasal dari Grobogan-JATENG. Maka bung Yooce (Johanes Iman Pattiasina putra dari Dr. Frans Pattiasina / saudara sepupu) mengajak saya (Johnny Suyudi) untuk menziarahi leluhur-2 Prawiranata, tapi data-data yang saya punya masih minim.  Sejarah Saking Selo  didapat dari wa´Didi  (R. Supardi (Didi) bin R. Sudarna Prawirasudirdja bin R. Sumardi Prawiranata) waktu saya silaturahmi ke Yogya (akhir thn´70 an), ketika itupun saya tidak bertanya lebih jauh. Sampai bertahun-tahun silsilah itu hanya disimpan saja. Tahun´90-an awal, baru saya tunjukan ke saudara2, karena ini merupakan aset keluarga yang harus diketahui mereka.   Tahun 1994 ada informasi dari anak keponakan Prawiranata bude´Sugi (R. Sugiarti binti R. Sugio bin R. Sosrodihardjo),  R. Sosrodihardjo adalah kakak dari Sumardi Prawiranata.   Tante Uwit (R.Sungkawati binti R. Djaenoedin bin R. Sumardi Prawiranata / ibunda Yooce) kenal sama bude´Sugi, juga adik dari dokter Sugiono. Bude´Sugi pernah tinggal di Purwodadi,  memberi tahukan bahwa makam Sosrodiwirjo berada ditepi kota Purwodadi arah timur setelah jembatan sebelah kiri, tidak jauh dari jalan raya dan  ditepi sungai.  Bulan Agustus 1995 bertepatan setengah abad kemerdekaan RI (50 tahun HUT RI), kami wisata ziarah ke leluhur Prawiranata. Alhamdulillah disana kami dapat fasilitas Hotel dan Transport dari mas´Padmosadewo (menantu dari bude´Sugi),  karena beliau ada hubungan kerja di Kudus, dan kami menginap di Kudus. Tapi dua hari berturut-turut pulang-pergi dan kami keliling Kabupaten Grobogan.

Makam-makam yang kami ziarahi dan juga wawancara dengan para kuncennya (juru-kunci): R.Ngt.Sosrodiwirjo, Kyai Ageng Selo, Kyai Ageng Tarub-I, Kyai Ageng Getas Pendawa dan Nyai Ageng Saba.    ( Wass. Johnny Suyudi)

.

.

Napak Tilas

Koko Kuryana putra dari Drh. Kurjana melakukan ziarah ulang seperti yang sering dilakukan oleh adik kakek buyutnya (Djaenoedin), karena sebelumnya dia sering kedatangan arwah Nyi_Fatimah (nenek buyutnya). Setelah mengetahui cerita darinya maka saya ajak dia untuk melakukan napak tilas.  Masa dulu sewaktu saya kecil suka diajak ziarah oleh kakek (mbah´Djaed).  Untuk itu kita berziarah bukan hanya ke makam Nyi Haji Fatimah saja, yang berada di Belakang Mesjid Agung PANDEGLANG, tetapi juga makam H. Mas Tjakradipura di Buah Gede SERANG dan makam R. Sumardi Prawiranata di Kedalingan SERANG. Makam-makam tersebut suka diziarahi oleh Djaenoedin (dari Bogor) bila mengunjungi kebunnya yang berada di daerah PANDEGLANG.     (Johnny Suyudi)

.

About brother johns

Khusus untuk keluarga dan kerabat Tjakradipura@Prawiranata, umumnya untuk anda sekalian..!

Posted on April 8, 2010, in CERITA. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: