3- Pakan & Jamu

Selagi kita pandai,serius dan cekatan dalam merawat bibit ayam petarung ini, Insya Allah kita akan memperoleh hasil yang maksimal dan tentunya sesuai dengan yang kita harapkan. Pembibitan ayam petarung ini juga menjanjikan bagi para penggemar sambung ayam mania. Setelah sehari-melakukan rawatan Pisik dan Mental ayam, maka perawatan yang terpenting lainnya adalah menjaga pola makan dan suplemen yang akan kita berikan ke ayam. Pola makan dan suplemen ayam harus kita jaga sebaik-baiknya dengan teratur dan disiplin, sehingga saat memperoleh latihan senam dan jajal, ayam tidak akan mengalami kekurangan gizi (sakit kuning).

Fadhila Satvika Bogor

Aku di tengah…………………

Macam-macam pakan untuk ayam bangkok aduan

Pakan merupakan hal yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan maupun stamina ayam Bangkok, dan sudah barang tentu pakan ayam bangkok yg berbeda akan berpengaruh terhadap bobot pukulan maupun kelincahan.


1. Beras Merah

Jenis Pakan ini diberikan setelah ayam Bangkok dewasa yaitu setelah pertumbuhan bulunya selesai, beras merah mempunyai kadar protein yg tinggi, mengandung rendah lemak, dan mudah dicerna. Ayam yg diberikan beras merah akan menjadi kekar & padat,  hanya bobot ayam menjadi berat namun sesuai dgn ayam yg mempunyai dasar pukulan yg keras. Cocok diberikan pada ayam yg tipe jalu sehingga pertumbuhan jalu menjadi cepat. Ayam jalu yg baik mempunyai tipikal harus cepat memyelesaikan pertarungan.

2. Gabah

Pakan jenis ini menjadikan tubuh ayam Bangkok menjadi ringan & kesat, mirip dangan beras merah, hanya saja gabah mempunyai kandungan vitamin yg lebih komplek, kalsium yg tinggi & ekonomis, memperkuat bulu sehingga tidak mudah rontok bulunya. Gabah sangat sesuai dgn ayam tipe jalu yg memerlukan kelincahan terbang untuk menyerang cepat. Pemberian gabah hendaknya direndam air dulu & gabah yg mengapung dipisahkan.

3. Jagung

Jenis pakan ini diberikan kepada ayam pukul, mempunyai pertumbuhan jalu lambat maupun lepek (tidak tumbuh jalu) mempunyai kandungan karbohidrat yg tertinggi diantara beras merah & gabah, kandungan fosfor & kalsium berpengaruh baik terhadap pertumbuhan tulang. Tulangan ayam Bangkok menjadi kuat & besar. Karbohidrat menjadikan ayam mempunyai tenaga yg besar & pukulan keras. Cara penggunaan jagung adalah direndam dulu sebelum diberikan agar menjadi lebih lunak.

4. Tambahan

Hijauan.

Hijauan merupakan pakan tambahan bagi ayam bangkok. Biasanya hijauan diberikan sejak anak ayam berumur dua bulan.Pakan hijauan berupa kecambah kacang hijau(toge),kangkung,daun pisang,dan hijauan lainnya yang mengandung air dan tidak memberikan efek racun bagi ayam.

Grit.

Grit adalah bahan yang digunakan untuk membantu pencernaan ayam di tembolok,yaitu berupa kulit kerang atau cangkang bekicot.Grit bisa diberikan kepada ayam muda di dalam kandang umbaran.Grit tidak boleh diberikan kepada anak ayam di bawah umur tiga bulan karena akan mengganggu atau melukai pencernaannya.   

Pemberian Pakan Ayam Bangkok/ Ayam Aduan

Ayam jalu yg baik adl yg bertipe memukul terus menerus tanpa mematuk, memukul sesering mungkin dlm waktu sesingkat-singkatnya. Faktor kecepatan sangat menentukan. Karena ayam jalu amat mengandalkan kecepatan, maka menu ransum yg paling tepat adl yg mengandung protein tinggi & sedikit lemak. Keunggulan dari ransum protein tinggi adl menjamin tenaga yg besar & kecepatan gerak sangat tinggi. Kelemahan ransum protein tinggi adl otot ayam bangkok mudah kelelahan. Formula ransum yg bisa dipakai : 2 kg konsentrat ayam petelur + 8 kg bekatul atau dedak. Ransum ini adl menu makanan pokok yg diberikan dgn dicampur air. Sebagai suplemen, dlm kadar sedikit dapat memberi jagung, beras merah, atau gabah. Sebaiknya, setiap hari ayam dijemur di atas alas pasir yg ditaburi pecahan batako sehingga ayam Bangkok akan memakan pecahan batako tersebut, tujuannya adalah dengan memakan batako akan menguatkan tulangnya karena sbg sumber kalsium.

Untuk ayam Bangkok tipe pemukul yg dirancang menang dlm waktu kurang dari 2 ronde, menu ransum sama dgn ayam jalu. Tetapi jika ayam dirancang untuk lebih tahan hingga 4 atau 5 ronde, menu yg tepat adl tinggi protein & tinggi energi. Formula ransum ayam pukul : 5 kg jagung halus + 2 kg dedak atau bekatul + 3 kg konsentrat ayam petelur.

Tips:
Ayam Jalu (2kg Kosentrat ayam petelur + 8kg Bekatul/Dedak) / Ayam Pukul (3kg Kosentrat ayam petelur + 2kg Bekatul/Dedak + 5kg Jagung halus/ rendaman).
Formula di atas hanya digunakan pada ayam yg dipelihara secara semi intensif atau ekstensif. Jika memelihara ayam bangkok secara intensif (ayam tidak diumbar), maka harus menambahkan 1 ons susu bayi pada formula di atas.
Formula pakan ayam Bangkok di atas hanya dapat digunakan selama 14 hari berturut-turut. Dan jika lebih dari 14 hari harus diselingi dengan pakan lain
 selama beberapa hari.

 

Tips memelihara kesehatan ayam aduan

Fadhila Satvika

Perawatan ayam aduan mutlak harus dilakukan karena bisa perpengaruh pada penampilan ayam bahkan bisa berpengaruh kepada pukulan ayam seperti tidak lengkapnya jumlah bulu pada bagian sayap atau ekor.Untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan maka diperlukan perawatan seperti dibawah ini :

  1. Untuk menghilangkan jamur yang berwarna putih dijengger atau pada kepala ayam setelah diadu.Ambil minyak jelatah (minyak yang dipakai berulang kali untuk menggoreng)secukupnya tambah sedikit garam dapur lalu oleskan pada bagian kepala yang putih karena jamur.lakukan pengolesan 2 x sehari pagi dan sore hari.
  2. Untuk memerahkan jengger ayam biar kelihatan lebih merah,ambil daun kacang pagar secukupnya peras airnya lalu oleskan ke jenggar ayam.
  3. Untuk mencegah jengger ayam setelah diadu supaya tidak ditumbuhi jamur yang berwarna putih.Ambil daun pariyo(buahnya pahit) lalu giling dan peras airnya kemudian oleskan pada jengger ayam yang luka setelah bertarung luka juga cepat kering.
  4. Mengeringkan sisik kaki ayam.Ambil tepung sadah(sadah untuk makan sirih) tambah sedikit air lalu oleskan pada sisik ayam setiap hari sampai sisik ayam menjadi kering.Bisa juga dibantu dengan tablet calk(tablet calsium untuk membantu pertumbuhan pada anak-nak).
  5. Mempercepat tumbuh bulu,baik untuk masa mabung dan untuk bulu yang tumbuh nyisip.Berikanlah pada ayam vitamin A yang berupa minyak ikan hiu ditambah vitamin B komplek.Obat bisa dibeli diapotik.
  6. Untuk mengatasi jalu ayam supaya tidak terlalu panjang.Biasanya orang akan memotong jalu ayam jika telah berumur atau jalu terlalu panjang,nah kita bisa mengakalinya supaya jalu tidak terlalu panjang,atau menghambat pertumbuhan jalu sesuai yang kita inginkan.Ambil buah kentang yang sebesar jempol tangan lalu olesi dengan minyak goreng kemudian dibakar(atur jaraknya dengan api) setelah panas kentang ditusukkan pada jalu ayam.Lakukan beberapakali selama tiga hari atau sampai darah didalam jalu membeku maka jalu ayam akan berhenti pertumbuhannya,ayam akan selalu kelihatan muda.
  7. Untuk menjaga kondisi ayam tetap fit berikanlah ayam multi vitamin seminggu sekali.Jemur ayam 2 jam sehari mulai jam 9 sampai jam 11 siang jangan diberi air minum kemudian teduhkan dibawah pohon selama 15 menit baru ayam diberikan air minum.
  8. Mengatasi ayam ngorok.Bersihkan tenggorokkan ayam dengan bulu yang lembut kemudian berimakan campuran nasi dengan pur(pellet yang dijual) yang telah dibasahi dan dibantu dengan pemberian multi vitamin.Jauhkan dari sinar Matahari langsung.
  9. Mengatasi ayam lumpuh atau ayam yang susah berjalan karena habis berkelahi atau lumpuh karena dikurung terlalu lama.Ambil batang serai olesi dengan minyak goreng lalu panaskan setelah itu urutkan pada kaki ayam yang sakit.Setelah selesai tunggu kira-kira 2 jam kemudian ayam direnangkan seletih letihnya,lalu ayam dijemur dibawah mata hari langsung lakukan 2 kali seminggu,bantu dengan pemberian multi vitamin.
  10. Untuk memperbaiki penampilan ayam,jika ada bulu sayap atau bulu ekor yang patah sebaiknya dicabut saja.kemudian ayam diberikan minyak ikan hiu dan vitamin B komplek untuk mempercepat pertumbuhan bulu.Selama masa ini hindari pemberian pakan dengan campuran nasi.
  11. Untuk mempermudah penampilan ayam.Biasanya ayam yang sudah tua sisik kakinya tebal dan jelek,untuk mempermuda penampilan ambilah tepung soda kue kasih sedikit air kemudian oleskan pada kaki ayam lakukan beberapakali dilain hari.Maka sisik yang tebal itu akan terkelupas dengan sendirinya.

Jamu dan obat tradisional untuk ayam bangkok

SMPN 4 BOGORSeperti halnya manusia, ayam juga perlu diberi jamu untuk memelihara kesehatannya atau mengobati penyakit, khasiat dari jamu tradisional untuk ayam ini tidak kalah dengan obat-obatan kimia yang biasa digunakan, selain itu harganya yang murah dan mudah didapat bisa jadi alternatif selain menggunakan obat-obatan kimia. Jamu atau obat tradisional untuk ayam sangat beragam tergantung kasus penyakit ataupun penjaga kesehatan tubuh ayam.Ada banyak jenis jamu yang dapat dipilih dengan bahan yang mudah diperoleh disekitar kita.Pengolahannya tidak sulit penggunaannya untuk beragam jenis ayam seperti ayam konsumsi (pedaging dan petelor),ayam aduan dan ayam hias.

1. Meningkatkan stamina
Stamina ayam perlu ditingkatkan agar ayam dapat terhindar dari penyakit.Sebelum diadu,biasanya stamina ayam aduan harus dijaga,bahkan ditingkatkan.Adapun jamu untuk meningkatkan stamina ayam aduan adalah Larutan gula merah dicampur asam jawa secukupnya.Jamu ini diminumkan sebelum ayam diadu.Untuk ayam konsumsi,sebaiknya jamu ini diberikan bila cuaca disekitar kandang memburuk atau hujan.

2. Memulihkan stamina ayam aduan
Ayam yang baru selesai disdu biasanya staminanya menurun drastis.Bila tidak segera diatasi,ayam dapat terserang penyakit.
Adapun jamu untuk memulihkan stamina adalah Madu secukupnya dicampur kuning telor itik 1 butir.Berikan jamu ini dengan cara diminumkan.

3. Meningkatkan gairah kawin pada ayam jantan
Agar secara teratur dapat mengawini betina sebagai pemacek,ayam jantan harus membutuhkan perawatan intensif.Selain diberi cukup pakan,juga perlu diberi obat penyehat tubuh dan penambah gairah kejantanan.Beberapa jamu yang dapat diberikan sebagai berikut.
a.Bawang putih 2 siung dilumatkan dan dicampur nasi hangat 1 sendok makan.Jamu ini dilolohkan untuk satu ekor pejantan dan pemberiannya setiap 4 hari sekali.

b.Jahe segar 2 potong sebesar ibu jari diparut dan diperas airnya.Air jahe ini dicampur sebutir kuning telor itik dan diberikan setiap Minggu sekali untuk seekor pejantan.

c.Tepung beras 2 cangkir dicampur kencur parut 1 cangkir,lalu dibentuk menjadi butiran pil sebesar jagung.Selanjutnya pil ini dijemur sampai kering.Pemberiannya sebanyak 5 pil/minggu untuk setiap ekor ayam pejantan.

d.Lada 100 g disangrai sampai kering,lalu ditumbuk hingga menjadi bubuk halus.Bubuk lada ini dicampur kencur parut 0,5 kg,kuning telor itik 5 butir dan madu 1 sendok makan hingga terbentuk adonan kental.Adonan dibentuk butiran sebesar jari kelingking dan dijemur sampai kering.Sebanyak 2 butiran jamu diberikan sehari sebelum ayam digunakan sebagai pejantan.

e.Jahe segar 1 ruas jari diparut dan airnya diperas.Air jahe dicampur bubur nasi 1 sendok makan dan disuapkan keseekor ayam pejantan.Pemberiannya seminggu sekali.

f.Jahe segar 1 ruas jari diparut dan airnya diperas.Air jahe dicampur kuning telor itik 1 butir dan disuapkan untuk seekor ayam pejantan.Pemberiannya sekali seminggu.

4. Meningkatkan kualitas telor
Telor berkualitas dapat dilihat dari warna kuning telornya kuning cerah atau kemerahan.Agar kuning telor menjadi kemerahan,ayam yang sedang aktif bertelor dapat diberikan azolla sebagai tambahan bahan pakan.Perbandingan pakan dan azolla 4 : 1.Azolla merupakan sejenis tanaman paku air yang mengandung asam amino esensial.Asam amino esensial ini sangat dibutuhkan oleh tubuh ayam.

5. Meningkatkan nafsu makan
Ayam kurang sehat akan turun nafsu makannya.Untuk meningkatkan nafsu makan,ayam tersebut dapat diberikan salah satu dari beberapa ramuan berikut.

a.Bawang putih 3-4 iris dicampur dalam pakan.Ramuan ini diberikan untuk 10 ekor ayam dewasa setiap pagi.

b.Bubuk jahe 10 g dicampur dalam pakan dan diberikan setiap pagi.Dosis ramuan ini untuk 10 ekor ayam dewasa.

c.Jahe segar 2 ibu jari diparut dan diperas.Air perasannya dicampur kuning telor itik 1 butir.Dosis ramuan ini untuk seekor ayam dewasa dan diberikan setiap Minggu,Selain meningkatkan nafsu makan,pemberian pada Pejantan dan meningkatkan nafsu kawain.    (sumber: mutiaraayam.blogspot.com)

Khasiat kunyit untuk ternak ayam aduan

Kunyit, kunir atau koneng yang nama latinnya Curcuma longa / Curcuma domestica, memiliki berbagai macam khasiat untuk kesehatan dan pengobatan ternak ayam

 

Manfaat Kunyit untuk ternak ayam aduan :

A. Obat Dalam

Umbi yang berumur lebih dari satu tahun dapat dipakai sebagai obat, umbi (rimpang) kunyit berkhasiat :

  • dapat mendinginkan badan ketika ayam terjangkit panas dalam atau saat kondisi panas
  • dapat membersihkan sisa kotoran pada saluran pencernaan sehingga zat  beracun tidak tersisa
  • membantu merangsang melepaskan kelebihan gas di usus
  • dapat menghentikan pendarahan dan mencegah penggumpalan darah.

Caranya umbi di haluskan dan di berikan makan ke ayam (bisa juga air perasannya)

B. Obat Luar

  • Bisa digunakan untuk mengobati pembengkakan setelah bertanding dengan cara diberehkan pada luka.
  • Digunakan sebagai parem di campurkan dengan Gambir & kapur sirih, borehkan cairannya ke sekujur badan ayam aduan, & dapat mempertebal kulit sehingga tahan gigitan serangga
  • Mengobati mata bengkak dengan cara teteskan cairan kunyit pada mata
  • Mengobati hidung yang berair karena pilek, dengan cara bersihkan hidung ayam aduan dengan cairan kunyit yang di panaskan
  • Mengobati turun urat caranya kunyit & daun sereh direbus, cairannya digunakan untuk mengkompres kaki ayam.

Cara membuat jamu/obat kuat ayam aduan

kalau yang ditanya suplemen berupa jamu tradisional, saya punya resep yang dikombinasi dari beberapa postingan senior-senior.
bahan dasar jamu pada umumnya adalah kunyit, jahe, kencur, dan beberapa daun-daunan herbal. ini juga merupakan bahan dasar dari pembuatan baje leyya/pesse (wajik), jamu tradisonal suku Bugis untuk kuda pacu yang juga dipakai untuk ayam aduan, tentu dengan porsi yang lebih sedikit. sebelum membuat jamu lebih bijak jika kita mengenali dan memahami lebih dahulu fungsi dan manfaat bahan-bahan tersebut maupun komposisi idealnya (buatlah sedikit demi sedikit untuk mengetahui takaran yang tepat).
untuk suplemen harian saya biasa membuat baje leyya/pesse (wajik).

adapun bahan, komposisi dan cara pembuatannya adalah:
- jahe (putih/merah) 1 kg
- kunyit mentah 1/2 kg
- gula merah 1 kg
- kopi bubuk asli 1/2 kg
- daun-daunan herbal (yang bermanfaat untuk kesehatan dan pemulihan stamina)
- dll, silakan tambahkan sendiri bahan-bahan yang anda anggap cocok untuk meningkatkan pernafasan dan stamina serta untuk memulihkan stamina.

cara pembuatan
- bersihkan jahe dan kunyit lalu haluskan, bisa diblender atau diparut
- campur bahan yang telah dihaluskan tadi menjadi satu, termasuk kopi
- rebus air dan encerkan gula merahnya. setelah gula merahnya encer masukkan dan campurkan semua adonan dan aduk hingga rata. aduk sampai mengental seperti dodol
- angkat dan dinginkan
- buat adonan yang telah dingin tadi menjadi bulatan-bulatan kecil seukuran tahi kambing/biji jagung
- selesai

cara pemberian
berikan satu butir sehari (1×1). pemberian jamu dengan ukuran dan takaran seperti yang disarankan di atas aman dikonsumsi setiap hari, baik untuk anak ayam maupun ayam rawatan, juga botohnya tidak mengakibatkan percepatan ngurak/mabung, bahkan cenderung mengilapkan bulu kusam. hingga saat ini saya belum melihat kelainan pada ayam saya yang disebabkan oleh pemberian jamu ini.

Ketahanan tubuh ayam bangkok  meliputi stamina, semangat bertarung dan sifat pantang menyerah serta temperamen. Ayam bangkok dikenal memiliki semangat bertarung yang tinggi, tidak takut melihat bentuk tubuh lawannya dan berani menghadapi siapa saja.

Diposkan oleh Fadhila Satvika / SMPN 4 BOGOR.

  1. tambahnya apa?
    laos,temulawak,temu kunci apa daun kumis kucing?

  2. trima kasih tips nya,, saya mao coba,, smoga bermanfaat

  3. sip…cobain….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: